January 20, 2022

cruiseanddonate.com

Media Informasi terbaru

Penting!! Begini Teknik Parkir Pengemudi Mobil Yang Wajib Diketahui

Tidak semua tempat menyediakan ruang parkir yang memadai. Alhasil, tidak jarang kendaraan harus diletakkan di sisi jalan yang memang disediakan khusus.

Namun, beberapa dari lokasi tersebut jalannya memiliki kemiringan yang cukup besar. Hal ini membuat pengemudi khawatir, mobil bisa sewaktu-waktu meluncur ke arah bawah jika tidak diamankan dengan benar.

Sebenarnya mobil sah-sah saja diparkir di bahu jalan yang miring. Tapi, pengemudi harus menerapkan beberapa teknik untuk mencegah kendaraan bergerak tak terkendali.

Hal pertama yang wajib dilakukan pada mobil dengan transmisi otomatis, yakni memastikan tuas ada di posisi P atau parkir. Sementara untuk mobil transmisi manual, saat mesin mati pindahkan ke posisi gigi satu jika parkir di tanjakan atau gigi mundur di turunan.

Tujuannya adalah untuk mengunci roda, supaya tetap tidak bergerak meski mobil berada di bidang miring. Kemudian, aktifkan rem tangan baik di mobil matik maupun manual.

Akan lebih baik jika ada benda yang bisa dimanfaatkan sebagai ganjal, yang berfungsi sebagai pengaman ketiga. Pastikan ukurannya cukup besar supaya tidak mudah dilewati oleh ban.

Langkah pengaman terakhir adalah memposisikan setir ke arah trotoar yang tinggi. Apabila parkir di jalan menanjak, maka bagian belakang dari roda depan dibuat menyentuh pembatas jalan tersebut.

Hal sebaliknya dilakukan apabila hendak parkir di jalan menurun dan kebetulan ada trototar. Posisikan mobil dekat dengan pembatas, kemudian putar setir hingga bagian depan roda menempel.